Berbagai cara membuat donat kentang yang enak di rumah

Cara Membuat Donat Kentang

05
Oc
Resep Donat Kentang Empuk, Lembut, Dan Enak
05.10.2016 12:21

Donat (doughnuts atau donut) yaitu penganan yang digoreng, di buat dari adonan tepung terigu, gula, telur serta mentega. Donat yang paling umum yaitu donat berupa cincin dengan lubang di dalam serta donat berupa bundar dengan isi yang rasa-rasanya manis, seperti beragam type selai, jelly, cream, serta custard. 

Donat sekalipun tidak sama dengan bagel, dari mulai bahan adonan, tehnik pembuatan sampai langkah menyajikan, meskipun keduanya mempunyai bentuk yang nyaris sama. (sumber : wikipedia) 

Resep Donat Kentang Empuk, Lembut, Serta Enak 
Ilustrasi Gambar Resep Donat Kentang Ncc Enak serta Empuk 

Histori Asal Usul Mula Donat 
Donat sampai saat ini banyak yang memperdebatkan siapa yang membuat pertama kua yang berupa cincin ini. Kenyataannya, menurut National Dunking Association of Amerika (NDAA), yang temukan kue donat ini yaitu Hanson Crocket Gregory. Namun pihak suku Indian juga mengklaim kalau mereka juga yang membuat kue donat ini. 


Tetapi yang tetaplah populer bakal cerita awalnya donat adala Hanson Gregory sendiri. Ada dua sumber narasi tentang Hanson Gregory yang membuat kue donat ini. 
Narasi pertama : Hanson Gregory tak berniat menusukkan kue ke roda kemudi kapal. 
Hanson Gregory adalah seseorang kapten kapal yang datang dari Denmark. Lantaran kerapkali kapalnya hadapi badai, jadi ia menggantikan nahkoda kapalnya itu. Kue gorengan yang bakal dimakannya ditusukan ke roda kemudi kapal hingga tengah kuenya jadi bolong. 
Narasi ke-2 : Hanson Gregory mencungkil tengah kue yang belum masak waktu berumur 15 th.. 
Hanson Gregory waktu itu yaitu seseorang remaja lelaki yang berusia 15 th. yang datang dari Maine, Amerika Serikat. Ibunya kerapkali membikinkan kue untuk dia. Tetapi saat ia lihat sisi tengah kue yang belum masak, hanson mencungkil sisi tengah kue sendiri dengan pisau hingga mencipatak satu lubang di tengahnya. Dengan melubangi sisi tengahnya, jadi sisi tengah kue itu bakal jadi masak seperti sisi segi kue yang lain. Rutinitas ini juga berlanjut sampai ia dewasa sebagai seseorang nahkoda kapal. Pada akhirnya kue bikinannya juga menebar ke semua dunia. 
Dengan hal tersebut, narasi tersebut sebagai donat populer sampai saat saat ini. Saat ini juga donat populer bukan sekedar populer dengan memiliki bentuk yang seperti cincin saja lho. Ada yang berupa bulat tetapi berisi ada yang berisi coklat leleh, atau mungkin dengan selai buah bergantung macam yang dikembangkannya. 

Bahan yang dibutuhkan dalam bikin Resep Donat Kentang Khusus Empuk 
500 gr tepung terigu protein tinggi 
200 gr kentang (dikukus terlebih dulu, lalu haluskan serta dinginkan) 
75 gr mentega 
11 gr ragi instan 
50 gr susu bubuk 
100 gr gula kastor 
1/4 sdt garam 
4 kuning telur 
100 ml air dingin 

Langkah bikin donat kentang yang enak serta mudah 
Campur tepung terigu, gula halus, susu bubuk serta ragi. Aduk adonan sampai rata.  
Masukan kuning telur serta kentang yang telah dihaluskan. Tuang air dingin sedikit untuk sedikit sembari diuleni sampai adonan jadi kalis. 
Berikan mentega serta garam sembari diuleni sampai adonan jadi elastis serta kalis. Diamkan adonan donat sepanjang lebih kurang 20-30 menit. Pakai serbet lembab untuk menutupi adonan donat kentang. Manfaatnya yaitu supaya adonan donat tak jadi kering. 
Kemudian, kempiskan adonan serta bentuk adonan jadi bentuk donat. Atau dapat dengan juga memakai cetakan donat Resep Donat Kentang Empuk, Lembut, Serta Enak 
Sesudah dibuat, diamkan sepanjang lebih kurang 20-30 menit. 
Goreng donat kentang dengan memakai api kecil sampai beralih warna kecoklatan. 
Angkat serta dinginkan sesaat. Menghias donat dengan topping seleramu. 

Panduan bikin donat kentang yang empuk 
Di bawah ini sebagian penjelasan panduan bikin donat kentang yang empuk, yang harus anda cermati sebelumnya bikin donat kentangnya. Salah satunya yaitu seperti berikut : 

Panduan Bikin Donat Kentang Yang Empuk 
 Panduan Bikin Donat Kentang Yang Empuk 

Pakai sumpit untuk bikin gerakan memutar pada lubang donat waktu donat telah mulai digoreng serta merekah 
Sesudah satu diantaranya telah m. ulai beralih warna kecoklatan, selekasnya balikkan donat serta lanjutkan menggoreng sampai segi yang lain beralih kecoklatan. 
Saat menggoreng donat di upayakan memakai api kecil supaya donat tak cepat gosong. 
Uleni adonan donat sampai betul-betul jadi kalis (tak lengket ditangan), bila masihlah lengket dapat ditambahkan tepung terigu. 
Masukan garam serta mentega sesudah adonan telah jadi kalis. Mesti senantiasa diingat bila ragi serta atau mentega tidak bisa ketemu garam, lantaran bakal menyebabkan ragi jadi mati serta tak dapat meningkatkan adonan. 
Kentang betul-betul mesti ditumbuk hingga halus supaya adonan donat cepat jadi licin. 
Kentang halus baru bisa dimasukkan ke adonan sesudah kentang betul-betul telah dingin. Jika kentang dalam kondisi masihlah panas serta dimasukkan adonan, dapat menyebabkan ragi mati serta tak berperan. 

 

Comments


Create your free website at Beep.com
 
The responsible person for the content of this web site is solely
the webmaster of this website, approachable via this form!